Sebaiknya Ayam Mentah Dicuci Tidak, Ya?

Pertanyaan ini sering kali muncul bagi anda yang sering memasak di rumah dan mengolah ayam mentah untuk menyajikan masakan yang lezat. Namun kenyataanya, kebiasaan “mencuci” ini tidak selalu membunuh atau menghilangkan kuman. Hal tersebut berlaku untuk daging ayam mentah. Maka dari itu, ketahui fakta terlebih dahulu terkait mencuci daging ayam mentah.

 

Beberapa penelitian mengatakan bahwa banyak orang yang tidak menyadari bahwa mencuci daging ayam atau ungags mentah dapat menyebarkan bakteri dan meningkatkan resiko keracunan makanan pada tubuh. Bakteri yang bernaung di dalamnya adalah Campylobacter. Bakteri ini adalah penyebab paling utama seseorang mengalami keracunan makanan.

 

Saat terinfeksi bakteri Campylobacter, gejala sakit perut dan diare akan muncul. Bisa juga gejala lain seperti muntah-muntah selama dua hingga lima hari setelah bakteri masuk ke dalam tubuh. Kondisi keracunan makanan ini dapat menyebabkan komplikasi jika orang yang terinfeksi adalah anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Komplikasi yang terjadi akibat infeksi memiliki kemungkinan menyebar ke organ tubu lain seperti sendi, hati dan pancreas. Bakteri juga dapat hadir dalam darah atau bekteremia, keguguran pada ibu hamil dan kelainan langka yang menyebabkan kerusakan pada sistem saraf.

 

Lalu, untuk menghindari itu semua ada caranya lho. Berikut tips-tips mengolah daging ayam mentah yang dapat anda lakukan untuk tetap menjaga kebersihan masakan dan rumah anda:

 

  • Cuci tangan anda dengan bersih dengan sabun dan air hangan sebelum dan sesudah menyentuh daging ayam mentah dan peralatan masak. Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tangan dan memutar tutup keran.
  • Tidak perlu mencuci daging ayam mentah dengan air, semua bakteri akan mati saat proses memasak. Mencuci daging hanya akan meningkatkan resiko penyebaran bakteri.
  • Disarankan untuk memiliki peralatan masak sendiri untuk mengelola dan menyimpan daging mentah, agar bakteri tidak ikut tersebar ke makanan lainnya, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Daging ayam mentah harus dimasak hingga matang, jangan sampai menyisakan daging yang masih berwarna merah muda.
  • Pastikan semua bagian diperiksa kematangannya. Setelah memasak daging ayam, potong dagingnya dan lihat warna dan cairan yang keluar dari daging ayam. Cairan bening dan warna daging ayam putih adalah tanda bahwa ayam sepenuhnya matang.
  • Penyimpanan daging ayam dalam wadah tertutup dan bersih.
  • Jika ingin mencarikan daging ayam beku, cairkan di dalam kulkas ketimbang mendiamkannya di area dapur. Bisa juga merendamnya dengan air dingin jika daging berada di dalam kemasan plastik.

 

Terbukti, mencuci daging ayam mentah bukanlah cara yang tepat tetapi justru beresiko menyebarkan kuman. Kegiatan mencuci makanan tidak selalu bermanfaat dan tepat untuk menyingkirkan kuman. Usahakan anda selalu memasak dengan sempurna, karena ini adalah cara paling efektif.

Share Untuk Kebaikan :)
No Comments

Post A Comment