ayam frozen

Pilih Daging Ayam Segar Atau Beku?

Memilih daging ayam segar atau beku?

 

Daging ayam menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan, baik dalam kebutuhan pangan masyarakat ataupun kebutuhna bisnis yang berhubungan dengan daging ayam. Disini kami akan memberikan informasi sebaiknya pilih daging ayam segar atau yang beku?

Proses daging ayam segar ini adalah hasil pemotongan yang fresh dari supplier ayam, misalnya saja jam 6 pagi dipotong, lalu 4 jam kemudian sudah terlihat berwarna hijau dan mulai membusuk. Salah satu cara mengawetkannya adalah dengan didinginkan atau dibekukan. Semua daging hewan yang sudah dipotong dan tidak terkecuali ayam, dagingnya harus dipertahankan dengan rantai dingin, dibawah 4 C (derajat celcius).

 

Baca Juga : Harga Ayam Hari Ini

 

Banyak yang bertanya, mana yang lebih bagus dan sehat, daging ayam fresh atau frozen?. Daging ayam segar yang tanpa pengawet dengan daging ayam frozenv keduanya sama sehat. Kandungan gizi yang ada di dalam daging ayam frozen ini tak berubah. Karena gizi, pada khususnya vitamin akan turun ketika suhu dipanaskan, buykan didinginkan, dan sebab kemungkinan kehilangan nutrisi sangat kecil.

Memang, daging ayam frozen ini tak bebas dari bakteri maupun kuman, karena dia tidak langsung diolah. Tetapi, selama penanganannya baik, maka bakteri dan kuman tidak akan bertambah. Penanganannya tersebut berupa daging yang dikemas dengan baik pada suhu konstan serta tidak terpapar suhu diatas 10 C (derajat celcius) itu sudah cukup menjaganya. Sebab suhu diatas 10C ini akan menjadikan kuman dan bakteri mulai tumbuh kembali. Jadi anda bisa bayangkan bagaimana daging ayam fresh yang dijajakan hingga berjam – jam terbuka di pasar tradisional.

Dan untuk masa simpan daging ayam normal pada suhu kamar atau tempat terbuka tanpa penambahan bahan – bahan aneh paling lama 6 – 7 jam sudah berbau. Bahkan umumnya daging ayamnya sudah tak bagus lagi, sebab bakteri dan kuman berkembang selama 15 menit. Jika pada daging ayam tersebut hanya mengandung satu bakteri maupun kuman, maka dalam waktu lebih dari 6 jam saja bisa mencapai lebih dari  jutaan bakter dan kuman. Jadi baiknya memang daging ayam fresh ini langsung dikonsumsi.

Untuk daging ayam frozen bisa bertahan hingga tahunan. Pada suhu dibawah 18 C (derajat celcius), daging ayam utuh bisa bertahan hingga 1 tahun, sementara itu daging ayam yang sudah dipotong – potong bisa bertahan 9 bulan. Tapi, tidak mungkin juga supplier ayam dan penjual menyimpan hingga 1 tahun lamanya, karena daging ayam ini merupakan bahan pangan dengan konsumsi tingkat tinggi.

 

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Share Untuk Kebaikan :)
No Comments

Post A Comment